Rabu, 16 Maret 2011

TIPS PESANTRENISASI UII

Tips2 untuk peserta pesantrenisasi UII

Jangan harap saya menuliskan tips2 untuk menghindari pesantrenisasi, materi, maupun sholat malam. saya sarankan anda mengikuti semua itu, sebab untuk kebaikan kita juga. berikut beberapa tips sederhana dari saya. Silakan ditambahkan bila ada yang kurang...
Saya mulai dari

1. Niat
Niatkan segala aktivitas (pesantrenisasi, belajar, sholat berjamaah, sholat malam, dll) untuk beribadah pada Allah. Sesuatu yang dilakukan karena keterpaksaan akan terasa berat.
Sabar aja deh kalo Imam sholat malam bacaannya panjang2.
Awali setiap kegiatan dengan basmalah.

2. Musyrif/ah
Ikuti instruksi musyrif/ah, banyak belajar dan menghafal di pesantrenisasi. manfaatkan waktu 10 hari untuk memperbaiki bacaan Quran, tulisan arab, serta menambah hafalan surat quran maupun doa.

3. Disiplin

Datang tepat waktu, pulangnya apalagi. Makanya jangan tidur-tiduran menjelang maghrib. dikhawatirkan akan kebablasan dan kehilangan satu sesi halaqoh.
Jangan lupa pakai pakaian yang sudah ditentukan.





4. Quran dan buku panduan
Beri nama pada Al-Quran, buku panduan Islamuna, Hawasi dan progress report. Hal ini sangat penting dikarenakan banyak kejadian tertukar bahkan kehilangan buku-buku tersebut, padahal sangat bermanfaat untuk mendampingi kita saat pesantrenisasi. Ga mau kan, Alquran UII sebesar itu tiba2 hilang begitu saja?
Kalo bisa tulisan namanya gede2 biar keliatan.

5. Sandal
Bawa sandal mahal anda ke dalam kamar. dikhawatirkan muncul banyak kasus peminjaman sandal yang tidak kembali. kalau mau aman, taruh saja di kamar masing2. beneran nih, pengalaman pribadi kehilangan sandal jepit swallow. yang murahan aja hilang apalagi yg mahalan... Waspadalah...waspadalah...

6. Sepeda motor
Pastikan kendaraan dalam keadaan terkunci, termasuk helm. untuk motor lebih baik cari tempat teduh atau pasang mantel di atasnya, agar ketika hujan tebih terpayungi. hal ini mencegah ngadatnya motor di pagi hari kalau2 hujan deras semalaman. Repot kalo harus kuliah pagi tapi motor mogok.

7. Kunci kamar
Kunci kamar sebaiknya dipegang oleh orang yang dipercaya. kasihan banget deh lo, kalo kita sudah dateng duluan, eh, kamar masih kekunci, terpaksa nunggu dech.. pemegang kunci sebaiknya diwajibkan datang lebih awal.



8. Uang jajan
Bawa uang jajan, persiapan kalau2 terasa lapar di malam hari. Biasanya ada abang tukang baso di sana.








9. Kuliah
Jangan sampe ga kuliah gara2 ikut pesantrenisasi. Sisihkan waktu untuk mengerjakan tugas kuliah, lebih aman bila dikerjakan sebelum pesantrenisasi dimulai.

10. Kelompok halaqoh
Akrabkan diri dengan teman2 halaqoh. Buat suasana senyaman mungkin.

11. Doa
Banyak doa dan amal shaleh agar bisa lulus ujian BTAQ. sempatkan doa setelah sholat malam.

12. Ada lanjutannya?
Masih perlu belajar BTAQ lebih banyak lagi? Mau belajar agama Islam lebih dalam? minta musyrif/ah melanjutkan halaqoh pasca pesantrenisasi. atau bisa ikuti kegiatan mentoring di fakultas.

1 komentar:

wkwkwk, udah lewat tuh...

Posting Komentar